Sabtu, 01 September 2012

Apa itu Search Engine?????

Search engine adalah program yang digunakan untuk mencari informasi di lingkungan (realm) tertentu dan menyimpannya dalam database. Istilah ini seringkali terlalu dikaitkan dengan Internet search engine, yakni search engine yang didisain khusus untuk pencarian informasi di Internet. Sebenarnya search engine bisa juga dimanfaatkan untuk pencarian konten offline seperti misalnya katalog perpustakaan, konten hardisk di komputer pribadi, atau katalog koleksi museum dll. Search engine membantu kita mengorganisir dan menampilkan informasi sedemikian rupa sehingga informasi tsb mudah diakses.



Ada tiga hal menyangkut search engine: crawling, indexing, dan searching. Sewaktu crawling, search engine mencari konten baru yang tidak ditemukan pada crawl terakhir, termasuk update file dan halaman web. Kemudian ia mengindex informasi yang didapat, mengambil keyword lalu mengelompokkannya. Di Internet misalnya, indexing sangat dipengaruhi oleh keyword dan meta tag yang menyediakan informasi mengenai halaman web.


Jika informasi sudah diindex, informasi mengenai bagaimana cara mengakses informasi tersebut kemudian disimpan dalam database. Sebagian search engine juga membuat “cache” agar pengambilan informasi ketika diperlukan menjadi lebih mudah. Ketika melakukan pencarian, search engine kemudian menampilkan hasil yang diperluas berdasar relevansinya. Pencarian “mobil” misalnya, akan memunculkan hasil mengenai hal-hal yang berkaitan dengan mobil, termasuk misalnya, “bagian-bagian  mobil” demi kenyamanan pengguna.
Walau semua search engine bekerja dengan cara serupa tetapi kegunaannya bisa cukup bervariasi. Search engine didasarkan pada algoritma kompleks untuk menentukan relevansi hasil pencariannya, terutama hasil pencarian keyword-keyword generik. Pengguna cenderung lebih menyukai search engine yang menampilkan hasil pencarian seperti yang mereka harapkan. Google, Yahoo, Lycos dan Altavista misalnya, berlomba melengkapi fitur masing-masing search engine-nya agar hasil pencarian yang ditampilkan lebih relevan dan lebih disukai penggunanya.
Google menjadi sangat terasosiasi dengan proses web search sehingga pencarian di web kini diistilahkan dengan “googling”. Google sendiri sebenarnya tidak terlalu menyukai hal ini, karena khawatir penggunaan huruf kecil pada penyebutan nama perusahaannya, dan penggunaannya secara generik dapat mengurangi nilai jual.
Berikut kelebihan dan kekurangan search engine:
Kelebihan
  1. Search engine memudahkan pencarian data relevan. Jika kita mengetikkan kata kunci tertentu, search engine akan berusaha mencari data paling cocok sesuai dengan APInya masing-masing.
  2. Mendukung web-service. Fitur ini untuk pengembang software. Dengan mengetahui web-service suatu search engine, kita tidak perlu membuat search engine sendiri untuk membuat aplikasi yang support pencarian di web. Contohnya adalah browser firefox, Yahoo Messenger atau flock. Aplikasi-aplikasi tersebut support pencarian.
  3. Search engine mengindex suatu halaman secara berkala. Jadi, bila suatu website diupdate search engine akan mengetahuinya.
  4. Saat ini search engine juga support localized search. Yaitu pencarian berdasarkan lokasi pengunjung. Contohnya adalah google, jika anda mengetik google.com di indonesia, maka akan redirect ke google.co.id.
  5. Cepat diakses. Search engine biasanya didesain simpel agar cepat diakses. Hasil pencarian pun juga cepat muncul karena memakai caching.
Kekurangan
  1. Kecepatan index dan kecepatan berkembangnya web yang tak sebanding. Saat ini berbagai website banyak bermunculan, jika kecepatan index search engine tidak ditingkatkan maka tak mungkin search engine bisa mengindex semuanya.
  2. Kadangkala search engine tidak menampilkan hasil yang diinginkan. Search engine selalu berusaha menampillkan hasil yang relevan. Tetapi kadang kala tetap memperlihatkan hasil yang tidak relevan.
  3. Munculnya orang-orang yang melakukan link-spamming. Yaitu melakukan spamming link untuk meningkatkan posisi mereka di search engine.
  4. Tidak bisa mengindeks halaman tertentu. Beberapa website yang memakai konten dinamis tidak bisa diindex. Biasanya website seperti ini dihalangi oleh form yang mengharuskan inputan.

Macam - macam search engine:


1. Google


Karakteristik
1.Tidak memperhitungkan jumlah kata
2.Menggunakan algoritma LSI.LSI adalah algoritma untuk meyesuaikan konten dengan keyword,LSI tidak memperhatikan banyaknya ketword tetapi lebih kepada sinonim dan frase sehingga anda bisa menuliskan keyword secara natural.
3.Google tidak mementingkan title blog/website.
4.Lebih menyukai domain yang sudah lama ada.

Searching
1.Dapat mencari situs apa saja di seluruh dunia
2.Dapat mencari kota di seluruh dunia
3.Terdapat layanan search book untuk mencari buku juga search image untuk mencari gambar
4.Google bisa juga untuk mencari berita

Indexing
Google dapat mengindex hingga milyaran situs di dunia. Dengan index situs sebanyak itu menjadikan google sebagai mesin pencari terhebat sepanjang sejarah.


2. Yahoo!
Karakteristik
1.Rajin mencatat backlink. Backlink sendiri ialah sebuah link yang berada di situs lain atau di situs kita sendiri yang nantinya bila di klik akan menuju tempat lain dan ini disebut backlink unruk halaman yang dituju tersebut.
2.Tidak begitu aktif dalam mengindex konten dan komen sebuah blog.
3.Menggunakan jasa google untuk mencari informasi yang digabung dengan database sendiri

Searching
Yahoo pun tidak mau kalah dengan search engine yang lain, yahoo juga menyediakan pencarian web,image,news,movie. Selain itu yahoo juga menyediakan pencarain yellow pages dan peta yang masih sebatas di Amerika saja.

Indexing
Yahoo mengindexkan situsnya di google dan bekerja sama dalam pencarian bersama google dan ditambah dengan database dari yahoo sendiri.


3. Bing
Karakteristik
1.Bing mengutamakan jumlah kata. Jadi kalo dalam postingan ada 350 kata maka kemungkinan blog/website anda akan memperoleh rangking yang lebih tinggi di bing.
2.Sama halnya dengan google bing juga memakai algoritma LSI.
3.Bing lebih mementingkan title blog/website.
4.Lebih menyukai domain yang sudah lama ada.

Searching
Sama halnya dengan mesin pencari lain, Bing juga bisa mencari web,image,news,video . Di bing ada fasilitas search xrank ini untuk mencari siapa dan apa yang paling banyak dicari oleh pengguna bing.

Indexing
Bing merupakan mesin pencari terbesar kedua setelah google,mungkin dalam hal indexing situs bing lebih sedikit dibandingkan google.


4. Altavista
Karakteristik
1.Menggunakan analisa relevansi
2.Penggunaan logika Boolean
3.Pencarian dapat dibatasi pada bagian-bagian tertentu

Searching
Pencarian di altavista sama dengan search engine lainnya hanya saja di altavista kita bisa membatasi pencariannya seperti judul, jangkar (anchor), host, link, applet, gambar, dan URL.

Indexing
Altavista mengindexingkan situsnya di yahoo


5. Ask
Karakteristik
1.Ask.com akan melakukan copy dan melakukan penyimpanan bentuk data yang dimiliki sebuah blog/ website
2.Hasil penyimpanan disimpan di database ask.com sendiri
3.Dari data yang tersimpan tersebit akan terbentuk suatu kata kunci yang gunanya menghubungkan dengan data yang dicari

Searching
Searching di ask.com bukan hanya untuk mencari web,image,news di ask.com kamu bisa mengajukan pertanyaan dan ask.com akan mencarinya di database sendiri dan situs-situd lain.

Indexing
Ask.com mengindexkan dirinya pada situs lain guna menambah pengalaman tentang pencarian dan menambah data untuk mesin pencarinya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar